Minggu, 03 Juli 2016

CERITA ASAL MULA PENGRAJIN SENAPAN ANGIN DI CIPACING

Hasil gambar untuk senapan angincipacing
Terima kasih sudah mengunjungi blog saya
Kali ini sayaakan sedikit bercerita tentang asal mula bedil cipacing yang terkenal itu berikiut ceritanya
       Apa bila mendengar daerah Cipacing, sumedang , pasti kalo tidak kerajinan nya atau sudah menjadi ciri khas nya yaitu senapan angin / bedil lokal nya yang berkualitas tinggi . saya selaku warga Cipacing ingin berbagi cerita asalmula bedil di Cipacing ini
    Dahulu pada masa penjajahan para penjajah,ada seorang peng rajin perkakas rumah tangga yaitu Bp. Abar Syahbar (alm) orang Cipacing asli. Beliau yang dahulu mencari nafkaf dengan memulai pekerjaan nya sebagai tukang patri seng keliling
       Beliau berjualan dari kampung ke kampung men jajah kan jasa nya seperti menanmbal panci bolong yang pada saat dulu sangat di perlukan , pada  saat itu beliau sudah terpikir untuk membuat barang –barang yang berguna bagi kehidupan pada masa itu seperti sikat gigi, jarum jahit dan teropong (spindel benang tenun) yang sekarang masih di produksi.
      Disuatu ketika di Bandung ,beliau sedang menjajah kan barang nya .ada seorang pemilik toko yang memanggil beliau  lalu ia memperlihatkan senapan dari luar negri milik nya yang masih berbentuk spearpart. Pemilik toko menyuruh untuk merakit nya sampai menjadi senapan jadi.pada saat itulah beliau mengenal yang namanya senapan angin.
      Karena sudah terbiasa merakit senapan impor, terbesit dalam pikiran nya untuk membuat sendiri senapan angin.denagn bermodal keahlian nya ,beliau mulai mencari bahan bahan pembuat senapan dari tukang loak,lalu  beliau menemukan laras bekas tentara-tentara jepang yang sudah tidak terpakai,di situlah beliau mulai merakit nya menjadi senapan, yang ternyata berhasil, lalu beliu mencoba menjual nya kepada Bp Eep di Bandung, tak butuh waktu lama senapan buatan nya langsung terjual dengan harga tinggi.kata Bp Eep harga jualnya beberapa kali lipat dari harga buat nya.
      Dari situlah beliau mulai menekuni pembuatan senapan lokal, banyak kendala pada awal pembuatan nya , seperti laras yang susah di cari , karena hal itu lalu beliau membuat penggantinya dari pipa dari kuningan yang lubang nya samadengan peluru , kemudian mencoba membuat laras dari beton untuk bahan bangunan kemudian di bor denagn ukuran yang lebih panjang yaitu 65 cm
     Waktu ke waktu beliau melakukan inovasi dengan senapan nya seperti sudah tidak menggunakan bahan besi beton .Dengan bantuan PT.Pindad dan teknik perindustrian akhirnya di buat laras dengan bahan baja yang mirip dengan buatan luar negri dengan harga yang terjangkau ,dan berlanjut kepada anak ,cucunya, meneruskan usahanya ini.
      Begitulah awal mula senapan angin lahir di Cipacing hingga sampai saat ini. Dan sekarang Cipacing terkenal dengan senapan angin/ bedil.

Sekali lagi terimakasih kepada akang2 dan teteh2 yang sudah mengujungi blogsaya , sampai jumpa artikel lain nya byyee 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar